Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas


Memiliki kulit kering dan terkelupas memang menjengkelkan. Wajah akan terlihat tua atau wajah mudah teriritasi ketika kulit kering.

Bahkan, beberapa produk yang tidak cocok dengan kulit mu dapat memperparah kulit keringmu. Tapi tenang, dilansir dari prevention.com berikut cara menyembuhkan kulit kering dan bersisik secepat mungkin.

Hal pertama yang harus dilakuka ialah mencari tahu penyebab kulit kering dan bersisik di wajahmu. Seperti perubahan cuaca, sebab pada musim dingin kulit akan semakin kering.

“Ketika udara kering dan dingin cuaca yang tidak menentu, Maka lebih banyak air menguap di permukaan kulitmu. Hal ini membuat pengelupasan karena lapisan atas kulit menjadi kering, ”kata Angela Lamb, MD, direktur Westside Mount Sinai Dermatology Faculty Practice, terutama jika kulitmu cenderung kering.

Mengapa kulit mengelupas ?


Karena fungsinya sebagai pelindung, kulit harus memiliki rencana aksi penyembuhan untuk saat Anda terluka. Proses ini pada dasarnya adalah regenerasi sel-sel kulit mati, untuk digantikan dengan sel-sel kulit yang lebih sehat. Tapi, sel-sel di lapisan teratas kulit terus-menerus memperbarui dirinya bahkan ketika tak ada bahaya yang terdeteksi. Begini prosesnya.

Kulit Anda terdiri dari beberapa lapisan. Lapisan teratas yang dapat Anda lihat disebut epidermis. Epidermis terdiri dari sel-sel yang terbuat dari keratin. Ketika keratin mencapai lapisan teratas epidermis, keratin akan menua dan perlahan “layu” akibat terpapar oleh cuaca dan lingkungan luar. Akhirnya, sel-sel kulit tersebut melepaskan diri dari epidermis dan mengelupas, memunculkan sel-sel kulit muda yang tumbuh di bawahnya.

Cara mengatasi kulit kering mengelupas

dari pengertian di atas menyimpulkan bahwa kita harus merawat kulit kita dengan baik dan benar, agar tidak kering dan mengelupas, nah berikut adalah caranya agar kulit tidak terkelupas

1. Memilih pembersih yang lembut


Jika kulit tampak sangat kering, Anda disarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang lembut dan mampu menghidrasi. Pastikan pembersih wajah yang Anda gunakan terbebas dari pewangi maupun detergen. Pastikan pula pembersih wajah yang Anda gunakan mengandung bahan-bahan, seperti asam hialuronat, gliserin, dan seramida, agar bisa memberikan hidrasi ekstra untuk kondisi kulit yang terlanjur kering dan mengelupas.

2. Gunakan krim pelembap


Carilah krim pelembap yang dapat mengatasi kulit kering serta mengelupas di wajah Anda. Pilihlah krim pelembap dengan tekstur tebal dengan kadar air yang lebih tinggi supaya benar-benar mampu menghidrasi kulit wajah Anda.

Hindari produk yang mengandung alkohol, yang akan berujung pada kulit kering. Sebagai gantinya, pastikan bahwa krim pelembap yang Anda gunakan memiliki kandungan asam hyaluronic, ceramide, lidah buaya, shea butter, urea, oatmeal, dan squalene.

3. Perlakukan kulit dengan baik


Pengelupasan kulit wajah akibat kekeringan bisa jadi adalah upaya tubuh Anda untuk melepas sel-sel kulit mati. Meski begitu, Anda tetap harus hati-hati agar proses ini terus berlangsung secara baik. Ini artinya, Anda sangat tidak dianjurkan untuk menarik secara paksa kulit yang mengelupas. Biarkan berlangsung secara alami

4. Pakai obat khusus


Jika Anda mengalami kondisi lain, seperti peradangan kulit, komedo, atau jerawat, gunakan pembersih berbahan kuat yang mengandung asam salisilat. Pembersih jenis ini bekerja dengan lembut untuk memecah sel-sel kulit dan membuka pori-pori agar tidak tersumbat.

Jika Anda ragu tentang dosis dan cara penggunaannya, tak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter.

5. Hindari mandir air panas terlalu lama


Mandi air panas lebih dari 15 menit sangat mungkin untuk membuat kulit wajah dan tubuh Anda mengalami kekeringan. Keadaan seperti ini tentu bisa memicu terjadinya kulit kering dan mengelupas.

Disqus Comments